Senin, 18 Februari 2013

Resep Cara Membuat Chicken Strip Ayam Goreng Renyah

Chicken Strip Ayam Goreng Renyah Tanpa Tulang
Bahan Chicken Strip :
Dada Ayam fillet, secukupnya sesuai selera
Shortening (minyak beku), secukupnya (opsional bisa diganti minyak goreng biasa)
1 butir telur, kocok lepas
1 cup susu
2 cup tepung terigu serbaguna
2 1/2 sdt garam
3/4 sdt merica bubuk
3/4 sdt penyedap rasa
1/8 sdt paprika bubuk
1/8 sdt bawang putih bubuk
1/8 sdt baking powder
Cara Membuat Chicken Strip Ayam Goreng Renyah Crispy :
1. Potong dada ayam fillet tanpa tulang sesuai dengan selera sobat onliners. Rendam dalam bumbu racikan khusus atau bumbu asin semalaman atau kira-kira 24 jam. Angkat, tiriskan.
2. Panaskan shortening atau minyak goreng dalam penggorengan hingga 350 derajat fahrenheit.
3. Kocok telur dan campur dengan susu dalam sebuah mangkuk, aduk sampai rata.
4. Campur bumbu kering dalam mangkuk lain, tepung terigu, garam, merica bubuk, penyedap rasa, paprika, bawang putih dan baking powder.
5. Setelah ayam selesai ditiriskan, celupkan dalam bahan adonan telur, lalu gulirkan atau taburi dengan campuran tepung bumbu kering. Kemudian celupkan ke bahan adonan telur lagi dan guling-gulingkan ke dalam tepung kering lagi. Lakukan step atau langkah ini 2 kali.
6. Goreng ayam dalam penggorangan berisi minyak panas, jangan lupa di balik dan gunakan api sedang agar ayam matang merata, sempurna dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
Selain chicken strip crispy versi original ini, juga ada chicken strip versi lainnya yaitu Chicken Strip Hot and Spicy dan juga ada Chicken Strip Barbecue / Barbeque. Perbedaan kedua variasi atau versi proses membuat chicken strip ini adalah :
1. Chicken Strip Hot and Spicy :
Setelah melalui proses pencelupan bumbu adonan basah dan tepung bumbu kering seperti cara di atas, kemudian celupkan ayam ke dalam saus pedas lalu dilapisi dengan tepung roti. Setelah itu digoreng seperti resep ayam goreng yang lainnya.
2. Chicken Strip Barbeque / Barbecue :
Cara membuat chicken strip barbekyu ini juga sama dengan chicken strip versi original, setelah dicelupkan ke adonan bumbu basah (telur dan susu), dilumuri dengan tepung bumbu kering, sama seperti Resep Cara Membuat Chicken Strip Ayam Goreng Renyah diatas, lalu digoreng, setelah ditiriskan celupkan ke dalam saus barbecue madu.
Sangat mudah kan membuat Resep Cara Membuat Chicken Strip Ayam Goreng Renyah ini. Selain itu ada beberapa variasi resep lainnya juga yang sangat enak dan lezat. Seperti Chicken Strip Hot and Spicy, dan juga Chicken Strip Barbecue / Barbeque.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar